Bakkara

Bakkara

Bakara " sering jg di tulis (Bakkara) ,Namun penulisan yg benar adalah BAKARA, Bakara adalah nama sebuah wilayah di pinggiran baratdaya Danau Toba, dekat Muara dan dalam wilayah administratif Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Sebuah teritori yang terdiri dari beberapa dusundan desa terhampar di lembah yang berjarak belasan kilometer dari Dolok Sanggul.

baca juga : Legenda Batu Gantung Danau Toba

Dibelah oleh dua aliran sungai besar yang berair deras. Sungai terbesar yang dominan adalah Aek Silang yang bersumber dari air terjun yang tercurah dari bentangan perbukitan. Sungai kedua yang lebih kecil bernama Aek Simangira. Keduanya mengaliri beberapa desa dan bermuara di Danau Toba.

(Sumber : wikipedia.org)


Bakkara


Keunikan Objek Wisata Bakkara

Berikut Ini Keunikan pesona Lembah Bakkara versi Suara.com.

  • Berada di wilayah pinggiran barat daya Danau Toba, Lembah Bakkara menyuguhkan panorama indah dikelilingi rimbunnya hutan
  • Lewat Lembah Bakkara Anda juga dapat melihat Danau Toba dari ketinggian lho
  • Untuk menuju Lembah Bakkara, dibutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam dari wilayah Doloksanggul
  • Anda juga bisa mampir ke Menara Pandang Tele untuk menikmati indahnya pemandangan alam dari ketinggian
  • Kendati belum sepopuler Danau Toba, tampaknya pesona Lembah Bakkara ini sangat sayang jika dilewatkan

Kampung Sisingamangaraja

Lembah Bakkara di Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatra Utara, berada di sebelah barat Danau Toba.

Tempat kelahiran Raja Sisingamangaraja XII itu adalah warisan geologi, disebut dengan Geopark Toba, menyimpan kekayaan alam mineral, keberagaman bebatuan peninggalan letusan gunung serta kearifan lokal dan kekayaan budaya.

Diselimuti bayangan bukit, seperti goresan lukisan di atas kanvas yang mengagumkan. Lembah Bakkara menyimpan nilai geologi, seperti halnya Tombak Sulu-Sulu, konon disebut adalah gua pertenunan Ibunda Raja Sisingamangaraja, air terjun yang sangat indah, dan sungai yang seolah-olah ke luar dari batuan lereng perbukitan yang hijau membelah dua Bakkara.

baca juga : The Kaldera Danau Toba

Menyimpan potensi wisata panorama dan wisata situs sejarah, lembah Bakkara bisa menjadi tujuan wisata berkelas dunia.

Untuk menjajal keindahan alam lembah Bakkara, harus melewati jalan penuh tikungan, dengan jarak tempuh 50 menit dari Bandara Internasional Silangit, Siborongborong, Tapanuli Utara.

Pada tikungan pertama, mata akan takjub melihat panorama alam Danau Toba, dengan hamparan perladangan sawah dan perladangan bawang merah.

Etalase Geopark Toba

Sembari menikmati buah mangga, pengunjung akan dimanjakan air terjun Bina Janji di Desa Marbun dan Sungai Binanga Janji dengan arung jeramnya.

Puas memanjakan diri dengan beningnya mata air, perjalanan bisa dilanjutkan ke situs sejarah Batu Siungkap-ungkapon, berada di Dusun Lumbanraja, Desa Simangulampe, dengan jarak 17 kilometer dari Kota Doloksanggul. Sembari melepas lelah, berswafoto di rumah bolon dengan goresan gorga khas Batak.

Sambil beristirahat, pengunjung bisa mengabadikan lokasi dengan kamera, sebelum mengeksplor Batu Hundul-hundulan di Desa Sinambela.

Batu Hundul-hundulan, meski tidak dibuktikan dengan referensi data, tapi sesuai dengan kepercayaan masyarakat sekitar, batu itu adalah tempat duduk peristirahatan Sisingamangaraja untuk melepas lelah.

Inilah nilai lebih jika menjalani liburan ke lembah Bakkara, cukup mengedukasi. Sembari berlibur pengunjung juga akan belajar sejarah. Karena di lembah itu banyak menyimpan misteri dengan daya mistisnya, sebut saja Hariara Tukkot (kayu tongkat-red) pohon mirip dengan tongkat, terletak di Desa Sinambela, merupakan bagian peninggalan Raja Sisingamangaraja.

Kepercayaan masyarakat di sana, terjadinya pohon itu dari tongkat yang ditancapkan oleh Sisingamangaraja. Untuk mempercayainya, dikembalikan kepada masing-masing orang.

Kemudian ada lagi peninggalan Sisingamangaraja yakni Aek Sipangolu (air kehidupan), disebut-sebut berkhasiat dan dipercaya airnya sebagai obat. Masyarakat sekitar percaya, bila mandi di Aek Sipangolu akan menghilangkan aura hitam dalam tubuh.

Konon ceritanya, terjadinya Aek Sipangolu, ketika itu gajah tunggangan Sisingamangaraja hendak minum, kemudian Sisingamangaraja berdoa agar diberikan air. Seketika mata air ke luar dari pegunungan berupa air terjun kecil. Hingga sekarang lokasi dijadikan sebagai tempat berdoa oleh berbagai kalangan, karena dipercaya akan membawa berkah.

Kurang lebih lima menit perjalanan, menuju situs sejarah Tombak Sulu-Sulu. Tombak atau hutan ini konon menjadi tempat bermain Raja Sisingamangaraja. sumber : tagar.id

Berwisata Ke Bakkara

travelagentmedan.com merupakan agen tour medan penyedia paket wisata danau toba,tour danau toba dari silangit,rental mobil medan,paket tour taman simalem resort,paket wisata medan,open trip danau toba,travel medan parapat dan city tour medan.

 

paket wisata danau toba yang kami kemas sangat menarik dan berbeda,program tour flexible mengunjungi destinasi wisata danau toba dan objek wisata popular di sumatera utara. Menginap di hotel terbaik di danau toba dan menikmati makanan khas danau toba serta mengenal kebudayaan suku batak toba dan wisata unggulan di samosir.

 

paket tour danau toba 2 hari 1 malam merupakan tour medan murah yang paling laris manis di masa pandemic ini. Hanya dengan 800 ribu (paket 10 orang) sudah bisa menjelajahi keindahan danau toba, paket tour medan diatas tersebut sudah termasuk hotel bintang 3,makan,transportasi full ac,ferry,entrance fee,dan lain-lainnya.

 

kami menggabungkan antara wisata alam dan wisata budaya,sembari tour medan danau toba bapak bisa menikmati makanan khas danau toba dan mengenal kebudayaan suku batak toba,wisata kuliner medan dan berburu souvenir unik danau toba dan ole ole khas medan.dan malamnya boleh menikmati wisata malam medan.

 

Jalan ke danau toba saat ini sudah jauh lebih menyenangkan dibanding beberapa tahun lalu, bagaimana tidak? Bandara kualanamu dengan fasilitas lengkap dan jalan tol dari medan ke tebing tinggi menjadikan perjalanan medan danau toba bebas dari macet,selain bebas macet kita jugak akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan sawah dan perkebunan kelapa sawit dan karet yang sangat luas.

 

Jadi buat teman-teman yang sering bertanya medan ke danau toba berapa jam,jawabannya boleh kita katakana 4 jam kurang lebih, dan akan jauh lebih cepat lagi di kemudian hari manakala jalan tol menuju siantar telah kelar dibangun.

 

Sebagai travel agent medan yang turut serta memajukan pariwisata danau toba sumatera utara,kami  juga melayani tour danau toba dari silangit, kunjungan kerja ke medan,paket outbound medan,paket wisata danau toba 1 hari ,paket outbound medan,paket meeting medan dan rental mobil medan.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paket Tour Danau Toba 4 Hari 3 Malam

Tarif Rental Bus Pariwisata Di Medan

Tiara Bunga Hotel Balige